NAMA :Siti Khotijah
NIM :
2303411001
MATA KULIAH: Perencanaan Pengajaran
Bahasa Arab
Implementasi
pendidikan karakter dalam pembelajaran bahasa arab dengan metode audiolingual
dengan teknik pengajaran kosakata dan teknik latihan (Drill) yakni kartu passing
untuk kelas VII dengan
materi/maharah البيت/istima’
A. LANDASAN
Pembelajaran bahasa
arab untuk keterampilan istima’ terkadang banyak tidak disukai siswa. Pembelajaran
istima’ yang terkadang monoton, dan hanya itu-itu saja membuat para siswa
bosan. Selain itu ada beberapa dari siswa tidak memahami apa yang ada dalam
materi kerena kurangnya kosakata yang dimiliki. Siswa hanya dituntut untuk
mendengarkan apa yang akan dipelajari untuk hari itu. Dengan kondisi pembelajaran
yang monoton, membuat siswa bosan dan tidak begitu tertarik pada pembelajaran
istima’. Dengan demikian, siswa tidak mempunyai rasa peduli dan rasa berbagi terhadap
siswa yang lain, karena pembelajaran berlangsung secara individualis.
Di era globalalisasi
ini telah dicanangkan pendidikan
karakter diterapkan dalam pembelajaran. Sikap saling peduli, berbagi, kerja
sama, tanggung jawab, kejujuran, disiplin terhadap orang lain diharapkan akan
tertanamkan pada tiap individu melalui pendidikan karakter.
B. HIPOTESA AWAL
Dalam pembelajaran
Istima’ dengan metode audiolingual dan teknik latihan drill yakni melalui
pembelajaran kosakata bahasa arab dengan kartu passing, siswa dapat percaya
diri, komunikatif dan mampu melatih kerja sama antarteman dalam satu kelompok.
Sikap kerja sama, peduli terhadap teman, kreativitas, kejujuran, disiplin,
kerajinan, ketekunan, belajar, dan percaya diri dapat tercipta dalam
pembelajaran istima’.
C. KARTU PASSING
Tujuan: menjawab
dan memahami pertanyaan dari materi yang telah diperdengarkan. Tujuan permainan
ini siswa dapat membedakan ujaran vokal panjang/pendek kata-kata Arab yang
diperdengarkan, dapat melafalkan kata atau kalimat Arab sesuai dengan makhraj
bunyi yang diperdengarkan, menentukan
makna dari wacana lisan secara tepat. Permainan ini dapat melatih para siswa
untuk lebih aktif dan sikap kerjasama antar kelompok dalam menjawab pertanyaan
yang diberikan dianggota lawan. Dalam permainan ini mengingat kembali kosakata yang sebelumnya sudah disudah
diperdengarkan, juga memacu siswa menuju belajar lebih giat, aktif, tanggung
jawab dan kerja sama yang akan tercipta dengan baik.
D. Langkah-langkah Kartu Passing
Alat dan bahan : kertas asturo
Cara bermain :
·
Guru
mempersiapkan daftar-daftar soal-soal yang akan diujikan,
·
Siswa
dibagi menjadi 3 kelompok,
·
Setiap
kelompok mendapat 3 kartu yang berisi pertanyaan yang berbeda dengan nomor
punggung sebagai nomor soal, dan nomor kecil di pojok sebagai nomor
lawan,
·
Guru
menunjuk kelompok A sebagai kelompok pembuka untuk menjawab so’al pertamanya,
·
Selanjutnya
kelompok A menunjuk kelompok lain berdasarkan nomor lawan yaitu nomor kecil
yang berada di pojok kartu,
·
Dan
seterusnya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar